Selasa, 03 Mei 2016

Mengapa nyamuk dapat berdiri di atas air?

 Mungkin pembaca pernah melihat nyamuk sedang berjalan diatas air, meskipun nyamuk itu diam saja diatas air, ternyata nyamuk tidak tenggelam. Mengapa hal itu bisa terjadi? 

 Tentu saja ini lebih disebabkan karena tegangan permukaan air. Tegangan permukaan air mampu menahan berat badan nyamuk. Apa yang dimaksud dengan tegangan permukaan air?
Tegangan permukaan adalah gaya atau tarikan ke bawah yang menyebabkan permukaan cairan berkontraksi dan benda dalam keadaan tegang. Hal ini disebabkan oleh gaya-gaya tarik yang tidak seimbang pada antar muka cairan. Gaya ini biasa segera diketahui pada kenaikan cairan biasa dalam pipa kapilerdan bentuk suatu tetesan kecil cairan. tegangan permukaan merupakan fenomena menarik yang terjadi pada zat cair (fluida) yang berada dalam keadaan diam (statis).
Besarnya tegangan permukaan diperngaruhi oleh beberapa faktor, seperti jenis cairan, suhu, dan, tekanan, massa jenis, konsentrasi zat terlarut, dan kerapatan. Jika cairan memiliki molekul besar seperti air, maka tegangan permukaannya juga besar. salah satu faktor yang mempengaruhi besarnya tegangan permukaan adalah massa jenis/ densitas (D), semakin besar densitas berarti semakin rapat muatan – muatan atau partikel-partikel dari cairan tersebut. Kerapatan partikel ini menyebabkan makin besarnya gaya yang diperlukan untuk memecahkan permukaan cairan tersebut. Hal ini karena partikel yang rapat mempunyai gaya tarik menarik antar partikel yang kuat. Sebaliknya cairan yang mempunyai densitas kecil akan mempunyai tegangan permukaan yang kecil pula.
 

Ketika nyamuk hinggap di permukaan air tidak tenggelam, hal ini karena gaya berat nyamuk masih lebih kecil dibandingkan dengan tegangan permukaan air, sehingga nyamuk masih bisa ditahan oleh gaya atau tegangan permukaan air.
Lalu bagaimana dengan air yang berbentuk butiran dan tidak menempel ketika menetes diatas daun talas? Jawabannya masih mengenai tegangan permukaan. Tetapi yang bekerja pada masalah ini ada dua, yaitu tegangan antara air dengan air, dan air dengan daun. Tegangan air dengan air ternyata masih lebih besar bila dibandingkan gaya yang ditimbulkan antara air dengan daun talas.

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Tegangan_permukaan
http://www.ipapedia.web.id/2015/05/mengapa-nyamuk-tidak-tenggelam-dalam-air.html

4 komentar: